HEADLINE NEWS

kabarsatunusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Mobile Logo

Mobile Logo
image

Pages

Full-Width Version

false

BIKK LIPI Sampaikan Sinergi Program dalam Pengelolaan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong ke Bupati Kebumen

KABAR SATU Nusantara (K1N)



kebumen-K1N ||  Bertempat di Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) Karangsambung Kebumen Kabupaten Kebumen provinsi Jawa Tengah LIPI turut hadir dalam audiensi Badan Pengelola Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong dengan Bupati Kebumen, pada Selasa (13/4). 


Bertempat di kompleks ruang kerja Bupati Kebumen, audiensi ini bertujuan membahas pengelolaan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK). 


Dalam pertemuan tersebut, Kepala BIKK Karangsambung LIPI, Indra Riswadinata, M.H mempresentasikan sinergi program konservasi, edukasi dan pemanfaatan wilayah yang mengandung fenomena geologi bernilai ilmiah di kawasan GNKK. Berdasarkan Keputusan Bupati Kebumen Nomor 050/85 Tahun 2019 tentang Pembentukan Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong Kabupaten Kebumen, BIKK LIPI berperan sebagai Kelompok Ahli yang bertugas memberikan masukan kepada Tim Koordinasi dan Komite dalam merumuskan kegiatan dan perencanaan pengambangan pengelolaan GNKK.


Dukungan LIPI dalam penguatan kawasan GNKK ini, salah satunya adalah ditetapkannya Museum Melange BIKK LIPI sebagai Pusat Informasi/Information Center (IC) GNKK. Indra menjelaskan, LIPI melalui dana SBSN pada tahun 2021 ini akan membangun Gedung Kawasan Geodiversitas Indonesia, menggantikan gedung-gedung lama BIKK LIPI yang sudah dinyatakan rusak berat termasuk Museum Melange.


Indra menjelaskan, “Kawasan Geodiversitas Indonesia ini terdiri dari tiga bagian yaitu Kawasan Geodiversitas berupa laboratorium dan Rock Physical Storage, Kawasan Geokonservasi berupa ruang pamer koleksi dan simulasi, serta dormitori dan ruang kuliah." 


Indra juga memaparkan bentuk-bentuk implementasi Whole of Government yang selama ini sudah dilakukan BIKK LIPI. Ini sebagai upaya penyelenggaraan pemerintahan kolaboratif guna mencapai tujuan bersama dalam program konservasi, edukasi dan pemanfaatan wilayah yang mengandung fenomena geologi bernilai ilmiah di kawasan GNKK utamanya bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kebumen.




Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, S.H memberi dukungan terhadap upaya Badan Pengelola GNKK ini untuk kemajuan Kebumen. “Kita harus mengoptimalkan GNKK ini guna pelestarian lingkungan dan pariwisata berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati Arif.

 

Tidak dapat dipungkiri, GNKK menjadi salah satu potensi unggulan bagi Kabupaten Kebumen, meliputi 12 Kecamatan, dari 118 Desa, memiliki 41 geosite, 8 situs biologi dan 10 situs budaya yang layak untuk dilestarikan dan dikembangkan bagi masyarakat.


Reporter : kusmiadi

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *