HEADLINE NEWS

kabarsatunusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Mobile Logo

Mobile Logo
image

Pages

Full-Width Version

false

Terapkan prokes covid 19, US tingkat SD di Kecamatan Kroya Cilacap, berjalan lancar .

KABAR SATU Nusantara (K1N)



Cilacap-K1N || Ujian sekolah untuk tingkat sekolah dasar tahun pelajaran 2020/ 2021 di laksanakan serentak mulai tanggal 26 april  - 6 mei 2021 se  kabupaten Cilacap, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Menurut koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan Kyoya  Drs. Timbul Iswandi, ketetika melakukan monitoring  di SD Kroya 1 menjelaskan,  di kecamatan kroya  sebanyak 60 sd negeri ditambah SD  swasta  dan MI saat ini sedang melaksanakan ujian sekolah.  Siswa yang mengikuti ujian sekolah berjumlah 1324 anak," terang nya 


Untuk pelaksanaan ujian sekolah,  seluruh satuan pendidikan dasar, lebih dulu  di lakukuan evaluasi terhadap kesiapan pelaksanaan US tersebut, yang meliputi, kesiapan  sarana dan  prasarana  penunjang kegiatan US, mengingat saat ini dalam situasi pandemi covid. 19. Maka setiap langkah dinas pendidikan wajib  berkoordinasi dengan satgas covid 19 tingkat kecamatan,  tujuanya untuk  memastikan ujian sekolah bisa di laksanakan dengan standart prokes covid 19, sehingga jangan sampe ada klaster baru di lingkungan pendidikan ," imbuh nya.


"Dalam melaksanakan ujian sekolah, kita tetap mengedepankan keselamatan peserta,  maka SOP yang sudah di jelaskan kepada kepala sekolah harus di jalankan dengan sebaik baiknya, supaya US kali ini berjalan lancar dan aman,  mengingat saat ini kita sedang menghadapi pandemi yang belum kunjung reda," jelas Timbul .

Situasi Ujian Sekolah SD Negeri 1 Kroya.


Sementara itu kepala sekolah SD 1 Kroya   Sudarsih menyampekan, pelaksanaan US di SD Negeri 1 kroya  mengutamakan  prokes. covid 19, oleh karena itu setiap peserta ujian sebelum masuk ruangan .akan di test suhu badan, wajib menggunakan masker dan facel .serta memastikan kondisinya sehat. Namun demikian sekolah tidak memaksakan siswa harus hadir di sekolah. Karena dari 45 anak yang mengikuti ujian, 1 siswa melksanakan US di rumah,  atas permintaan orang tua siswa. Walaupun begitu  pihak sekolah tetap mengirimkan pengawas ujian ke rumah siswa  yang bersangkutan dan wajib menggunakan standart yang telah di tentukan oleh sekolah,"terang nya .


Terpisah , Kabid dikdas pada dinas P&K kabupaten Cilacap,  Kastam. S.Pd. MM. Menyampekan , pelaksanaan US tinglat SD, tahun 2021  tetap mengacu pada prokes yang sangat ketat. Dengan demikian diharapkan setiap sekolah yang melaksanakan US, wajib menerapkan  3 M..Disamping itu menyiapkan lisen dapodik serta harus mendapatkan  persetujuan orang tua siswa Selanjutnya setiap ruangan maksimal terisi 8 peserta, untuk memastikan jarak aman antar peserta lebih dari 1 meter,  ," terang nya 


Selain itu.sebelum maupun  sesudah US dilaksanakan, b Pengawasan terhadap peserta ujian saat masuk ruangan dan keluar , harus terpanto dengan benar . Maka dari itu  sistim sif , ketika mau masuk ruangan ujian benar-  benaru diperhatikan , guna  menghindari kerumunan  dan mencegah  penularan covid 19 di lingkungan sekolah ." Tambah Kastam.



 Reporter : Sahid

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *