HEADLINE NEWS

kabarsatunusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Mobile Logo

Mobile Logo
image

Pages

Full-Width Version

false

Dampak Positif Ekonomi Dalam Pengembangan Desa Wisata


Rizki Lestari H.A

KABAR SATU Nusantara (K1N)

Malang-K1N || Sektor pariwisata adalah sektor yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah,maka dari itu program pengembangan  dan pendayagunaan desa sumber daya dan potensi pariwisata daerah diharapkan mampu memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi.Secara luas sektor pariwisata di pandang sebagai kegiatan yang mempunyai multidimensi dari suatu rangkaian dari proses pembangunan. 

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa  kehidupan dikota jauh lebih menjanjikan ,karena  lebih banyak terdapat lahan-lahan usaha sehingga mata pencaharian pun juga banyak. Jadi  itulah sebab masyarakat banyak beranggapan bahwa kehidupan dikota lebik baik. Oleh karena itu  banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan urbanisasi  dan meningkatkan  jumlah  angka urbanis. 

Tingginya angka  urbanisasi disebabkan karena kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia ,untuk itu perlu adanya usaha -usaha untuk menugurangi tingginya angka urbanisasi. Salah satunya yaitu  dengan cara memberdayakan desa dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru  dengan memanfaatkan potens-potensi desa yang ada , potensi  ini dapat berupa potensi budaya lokal, potensi alam maupun karakteristik dari masyarakat itu sendiri. 


Pembanguna sektor  wisata  dapat menyangkut aspek sosial dan budaya ekonomi serta  politik.Hal ini sejalan dengan yang tercantum dalam UU No 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, Dalam UU tersebut dinyatakan bahwa penyelenggaraan pariwisata ditunjukkan untuk meningkatkan pendapatan Nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran rakyat,memperluas dan meratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja ,mendorong pembangun daerah ,memperkenalkan dan memberdayagunakan objek dan daya tarik wisata di Indonesia serta dapat memupuk rasa cinta tanah air dan mempererat persahabatan antar bangsa. 


Pembangunan sektor pariwista dapat dilakukan secara terus menerus,dimana  hal itu dapat mendorong masyarakat secara aktif dalam pembangunan demi tercapainya kesejahteraan yang di inginkan. 

Pembangunan sektor pariwista ini merupakan kegiatan  yang dapat menggali segala potensi pariwisita  yang meliputi  SDA dan SDM, apabila  keduanya digabungkan dan dikelola dengan baik maka dapat memberikan manfaat bagi  keduanya. Dan dapat dikatakan bahwa kegiatan pariwista merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakat. 

Pada saat ini  Pengembangan Desa wisata menjadi salah satu program pemerintah  RI yang  diharapkan dapat mempercepat kebangkitan pariwisata serta dapat memicu pertumbuhan ekonomi.


Dalam pengembangannya selalu memiliki  potensi yang berbeda beda ,dari segi  keindahan alam, produk unggulan maupun kearifan  lokalnya.Hal ini juga dapat di jadikan sumber rantai pasok dan ekosistem pariwisata, sehingga desa memerlukan penguatan kualitas, kapasitas dan pemberdayaannya agar dapat  lebih berkembang dan memiliki daya saing yang baik. Selain itu juga  dapat menjadi sebagai produsen logistik,  diantaranya dapat dijadikan Desa Wisata, karena memiliki keunikan dari sisi keindahan alam , budaya, tradisi, dan lain-lain, yang dapat ditawarkan untuk tujuan wisata.


Dengan adanya desa wisata bisa menjadi kan salah satu  parwisata alternatif,apalagi pariwisata alternatif sekarang sudah menjadi tren di kalangan wisatawan. Konsepan dari wisata alternatif ini yaitu wisata yang lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal, hal ini jarang sekali di dapati saat  berwisata ke destinasi wista biasa.Hal ini menjadikan banyak tawaran paket-paket wisata yang mengedepankan alam, budaya ,tradisi dan  sesuatu yang unik dari Kawasan daerah tertentu  yang banyak diminati oleh wisatawan .

Terdapat 3 dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata yang bisa menjadi acuan dalam pengembangannya.


1. Terciptanya Lapangan Pekerjaan Baru

 

Dampak positif  dibidang ekonomi yang  dalam pengembangan desa wisata yang pertama yaitu terciptanya lapangan pekerjaan baru didesa. Jika sebelumnya warga desa hanya mengandalkan pertanian, peternakan dan pekerjaan lain yang ada didesa.Maka dengan adanya transformasi desa biasa menjadi desa wisata ini dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru dari aktivitas wisata tersebut. 

Agar dampak positif  dari pengembangan desa wisata ini berjalan secara maksimal, maka perlu meningkatkan kapasitas SDM yang nantinya akan diserap.Pelatihan tersebut bisa dilakukan oleh dinas terkait atau swadaya warga desa itu sendiri.

Dari Peningkatan kualitas SDM ini juga bisa menjadi salah satu dampak positif yang membuat desa menjadi lebih berkembang. Ketika kegiatan wisata itu sudah berjalan dengan baik maka penyerapan tenaga kerja baru bisa merambah ke desa-desa sekitar .dengan itu maka manfaat yang dicapai dari pengembangan desa wisata tidak hanya dirasakan oleh desa asal saja tetapi juga dirasakan oleh desa-desa sekitar yang sebagaimana juga membantu kelancaran pengembangan.


2. Meningkatnya Penjualan Produk Lokal

 

Selanjutnya  yaitu Meningkatnya Penjualan produk lokal sehingga dapat meningkatkan perekonomiaan warga desa tersebut.Dalam prinsip pengembangan desa telah ditekankan bahwa  keutamaan penggunaan produk lokal desa sangatlah penting dalam pengembangan desa wisata demi kemajuan desa itu sendiri. 

Selain itu ,dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata ini juga diharapkan dapat memberikan  kemudahan dalam memperluas segmentasi pasar  pada produk lokal .hal ini pastinya membutuhkan dukungan dengan

Salah satau bentuk nyata dari dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata yaitu  bisa menjadi salah satu cara promosi produk lokal desa kepada pengunjung wisata desa.Hal ini  dapat meningkatkan status desa wisata sehingga dapat memberikan menfaat timbal balik.

 

3. Meningkatnya Pembangunan Infrastruktur Desa


Selanjutnya dampak positif  ekonomi dari pengembangan desa wisata  yaitu peningkatan pembangunan infrastruktur desa.Hal ini sangat penting ,karena baik bagi sebuah desa wisata agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengunjung serta warga desa itu sendiri agar dapat merasakan kenyamanan dan manfaat yang diberikan oleh hadirnya desa wisata. 

Pembangunan infrastruktur dari dampak positif pengembangan desa wisata tersebut bisa dipilih  dari fasilitas umum seperti toilet umum  jalan ,lokasi jual beli oleh oleh, yang nantinya juga bisa dibuat sebagai rest area  yang di dalam rest area bisa dijadikan juga pasar  kecil untuk transaksi jual beli antar pengunjung dan warga sekitar . 

Maka dari itu mengapa sebaiknya desa wisata dikelola oleh SDM lokal atau warga desa sendiri agar tercipta kesejahteraan dari desa untuk desa.

Jadi itulah 3 dampak positif ekonomi pegembangan desa wisata yang dapt dirasakan oleh desa dan juga dapat dijadikan acuan untuk pengembangan desa wisata agar bisa memberikan manfaat yang positif  pada desa yang menjadi dasarnya .


Dan sebaiknya desa wisata dapat dikelola oleh SDM  lokal atau warga desa sendiri sehingga dampak positif desa wisita dapat dirasakan langsung oleh warga desa tersebut.

 

Ditulis oleh : Rizki Lestari H.A

Instalasi: Universitas Muhammadiyah Malang

Jurusan:Akuntansi

Fakultas: Ekonomi dan Bisnis

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *