HEADLINE NEWS

kabarsatunusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Mobile Logo

Mobile Logo
image

Pages

Full-Width Version

false

Bupati Ciamis di Desa Kalijaya, Buka RAT Koperasi Sampai Tanam Pohon Durian Bersama Warga

KABAR SATU Nusantara (K1N)



Ciamis-K1N || Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka agenda Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Mekarjaya di Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis, Minggu (30/1/2022).


Untuk diketahui, Koperasi Mekar Jaya merupakan rintisan dari Serikat Petani Pasundan (SPP). Koperasi ini dibentuk sebagai wadah bagi masyarakat rajin menabung dan anggotanya pun 100 persen para petani setempat. 


Selain kegiatan RAT, Bupati Herdiat pun melakukan penanaman ratusan pohon durian bersama warga di lokasi prioritas reformasi agraria. 


Berbagai kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama berbagai instansi dan organisasi. Diantaranya Pemerintahan Desa Kalijaya, Serikat Petani Pasundan (SPP), Koperasi Kalijaya dan berbagai organisasi yang konsen dalam memperjuangkan reforma agraria. 


Dalam sambutannya, Herdiat mengapresiasi pengurus Koperasi Mekar Jaya yang memiliki banyak anggota dan tata kelola keuangan yang baik. 


"Koperasi adalah salah satu yang harus bisa mensejahterakan anggotanya. Koperasi dibuat kita dan untuk kita," ucapnya. 


Ia pun berterima kasih kepada SPP dan Pemerintah Desa Kalijaya yang turut serta bersama Pemkab Ciamis membangun perekonomian daerah. 


"Rakyat harus menjadi prioritas bersama untuk kesejahteraan. Saya tidak dibelakang SPP, namun bersama SPP dan masyarakat Ciamis, " tegasnya. 


Herdiat pun berpesan agar pengelola Koperasi Mekar Jaya membangun kepercayaan kepada anggotanya, terutama dalam tata kelola keuangannya. 


"Koperasi harus membangun kredibilitas yang baik dalam tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan. 

tatakala bisa dilaksanakan saya meyakini anggotanya bisa percaya, " pesannya. 


Menurutnya, Koperasi Mekarjaya termasuk berhasil dalam pengelolaanya. Dalam kurun waktu dua tahun pun bisa mengelola anggaran miliaran rupiah. 


"Mudah-mudahan Koperasi Mekar Jaya bisa maju dan berkembang, demi kesejahteraan masyarakat semua," imbuhannya. 


Sebagai upaya mendukung pengembangan wilayah prioritas reforma agraria di Desa Kalijaya. Herdiat menjanjikan akan memperbaiki akses jalan bagi daerah penanaman durian.


Lanjutnya, perbaikan akses tersebut dilakukan sebagai prioritas penunjang wilayah produktif untuk diprioritaskan sarana dan prasarana. 



"Akan kita upayakan until perbaiki, kita akan melihat daerah produktif dan potensi yang diprioritaskan. Semoga bisa mendorong perekonomian masyarakat," ungkapnya. 


"Mudah mudahan bisa mendongkrak perekonomian Desa Kalijaya, " harap Herdiat. 


Sementara itu, Sekjen SPP Kabupaten Ciamis Hendra sukarman menerangkan rangkaian kegiatan RAT dan penanaman merupakan inisiatif warga untuk mendukung kesejahteraan semua masyarakat. 


Ia menyebutkan Desa Kalijaya akan menjadi sentra-sentra ekonomi masyarakat untuk mewujudkan sejahtera bersama. 


"Semoga berbagai ikhtiar yang dilakukan SPP bersama masyarakat khususnya petani bisa membantu masyarakat berdaya dan mandiri, " harapnya. 


Reporter : Ade Fadil

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *